Hari ini Senin tanggal 04 Februari 2019 mahasiswa D3 kebidanan Angkatan 2016 semester V Fakultas Ilmu Kesehata Universitas PGRI Adi Buana Surabaya Tahun 2018/2019, mahasiswi megadakan pembukaan kegiatan Praktik Kebidanan Komunitas Di Wilayah Kecamatan Gunung Anyar Surabya. Kegiatan Tersebut Dihadiri oleh Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan, Para Dosen D3 Kebiadan, Bapak Camat Gunung Anyar, Bapk Lurah di daerah tersebut dan juga Bidan Desa tempat mahasiswi praktik.

Mahasiswa dibagi dalam  kelompok kecil yang masing–masing kelompok ditempatkan  di tiap Rw  dengan langsung dibimbing oleh pembimbing dari akademik, masing – masing kelompok bertugas membina kesehatan masyarakat.

Pembelajaran ini berfokus pada penerapan dari konsep kebidanan kesehatan komunitas dan konteks pelayanan kesehatan utama dengan sasaran mengaplikasikan asuhan kebidanan komunitas dalam tatanan nyata. Proses pembelajaran memberikan pengalaman belajar melalui tutorial, diskusi dan praktek lapangan dalam area khusus asuhan kebidanan komunitas.

Setelah menyelesaikan kegiatan Praktek  dalam bidang kebidanan komunitas ini diharapkan mahasiswa mampu dan terampil dalam memberikan asuhan kebidanan komunitas pada individu, keluarga, lansia dan masyarakat dengan berbagai tingkatan usia yang mengalami masalah kesehatan yang lazim terjadi berdasarkan teori  yang pernah dipelajari melalui proses perkuliahan (05/02/2019).